Christeel Racheltania Philip

Brigadir Christeel Racheltania Philip, salah satu Polwan yang mendapatkan kesempatan pendidikan dengan program pelatihan khusus satuan elite negeri Paman Sam (Amerika Serikat). Polwan berparas cantik yang berdinas Pasukan Gegana Satuan Wanteror membuktikan bahwa seorang polisi wanita juga patut diperhitungkan.
“Justru kami (Polwan) sangat diperhitungkan, karena apa yang dilakukan polisi pria kami pun bisa. Contohnya dalam hal menembak dan bisa ikut tim khusus,” Tutur Christeel.
Selama pelatihan itu, Christeel bersama kontingen Indonesia mampu mencetak sejumlah penilaian terbaik, dibandingkan peserta dari negara lain dalam program pelatihan Crisis Response Team (CRT) di Washingtong DC.
“Pengalaman pelatihan ke Amerika jadi pengalaman yang enggak bisa terlupakan. Pada saat itu, kita bertiga Polwan dari Indonesia menggeser peringat polisi pria. Kebetulan kontingen Indonesia merupakan satu-satunya negara yang mengikutsertakan Polisi Wanita. 28 polisi dari berbagai negara, hanya tiga perempuan peserta yang ikut latihan dikontingen,” Jelas Christeel.
Dalam pelatihan itu, mereka dilatih oleh polisi AS beserta tim khusus dari beberapa angkatan Amerika, seperti US Army, Navy SEALs dan SWAT Team.
Menurutnya, untuk ikut pelatihan itu harus mengikuti seleksi dan penilaian yang benar-benar ketat. “Kita bisa diikutkan karena punya kemampuan menembak sesuai kriteria yang telah ditentukan. Juga dari penilaian fisik dan mental. Kriteria lainnya sudah berdinas empat tahun serta punya pengalaman dinas lainnya,” tambah Polwan yang berasal dari Manado tersebut

Related posts