Humas Polri Gelar Rakernis 2019

Bertempat di Rupatama  Mabes Polri, Kamis (29/8). Divisi Humas Polri menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) yang diikuti oleh seluruh Kabid Humas Polda dan para Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Satker Mabes Polri dengan mengusung tema “Strategi Manajemen Kehumasan Melalui Pengembangan Kapasitas Organisasi Dalam Rangka Mewujudkan Polri yang Promoter”.

Kegiatan Rakernis tersebut secara resmi dibuka oleh Kapolri Jenderal Pol. Prof. H. M. Tito Karnavian, Ph.D. yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa sejak masa kepemimpinannya sebagai Kapolri, fungsi humas masuk dalam tiga kebijakan utama selain penigkatan kinerja dan perbaikan kultur.

“Betapa pentingnya humas sehingga dimasukkan di tiga kebijakan utama selain peningkatan kinerja dan perbaikan kultur. Manajemen media masuk dalam strategi utama karena memang situasinya sudah berubah. Dulu kita mengenal trias politica yaitu eksekutif, legislatif dan yudikatif. Tapi banyak pengamat dan ahli internasional bilang tidak, ada tambahan satu lagi, yaitu media sebagai pilar keempat demokrasi. Media menjadi pilar yang sangat penting untuk check and balances,”. Ungkapnya.

Pada kegiatan itu pula Kapolri memberikan penghargaan kepada beberapa Media Online sebagai Media Online Mitra Humas Polri Terbaik Tahun 2019. Seperti Detikcom dan media nasional seperti Kompas TV sebagai TV Nasional Mitra Polri Terbaik dan Media Indonesia sebagai Media Cetak Mitra Polri Terbaik. Kemudian, Kapolri juga memberikan penghargaan kepada tiga Kepala Bidang Humas terbaik di tingkat Polda yaitu Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, Kabid Humas Polda Banten Kombes Edy Sumardi dan Kabid Humas Polda Sulawesi Barat AKBP Mashura.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol. Mohammad Iqbal pada kegiatan Rakernis Humas Polri Tahun 2019 juga melaporkan bahwa kedepan Biro Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (PID) Divhumas Polri akan meluncurkan Sistem Pengelolaan Informasi Terpadu (SPIT).

Mengenai SPIT, terobosan ini dimulai dengan usulan pengumpulan, produksi dan distribusi konten dari kewilayahan serta peningkatan skill dalam melakukan peliputan dan dokumentasi (inisiatif ataupun penugasan). Dilanjutkan dengan mendayagunakan server SPIT untuk mengelola konten utama media-media resmi Polri baik website, media sosial maupun media internal.

Kasubbag Humas Korbrimob Polri AKBP Nur Bagja di dampingi oleh Paur Subbag Humas Korbrimob Polri AKP Daru Wibowo Saputro, S.Sos., S.I.K. turut hadir pada kegiatan yang diseleggarakan satu tahun sekali oleh Divisi Humas Polri tersebut.

Related posts