Serah Terima Pataka Korps Brimob Polri “Satya Cakti Yanottama”

Bertempat dilapangan Mako Korbrimob Polri Kelapadua Depok, Jawa Barat. Pada hari Rabu tanggal 21 Agustus 2019, telah dilaksanakan kegiatan Upacara Serah Terima Pataka Korps Brimob Polri “Satya Cakti Yanottama” dari Irjen Pol. Drs. Ilham Salahudin, S.H., M.Hum kepada Irjen Pol. Drs Anang Revandoko.

Pada upacara serah terima Pataka tersebut dihadiri oleh unsur pimpinan TNI-Polri, para Komandan Pasukan Khusus, para tokoh agama, para tokoh masyarakat serta Purnawirawan Korps Brimob Polri.

Pada kesempatan itu Irjen Pol. Drs. Ilham Salahudin, S.H., M.Hum. selaku pejabat lama mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan sebagai Komandan Korps Brimob Polri.  Ia juga percaya Brimob Polri akan lebih baik dipimpin oleh  Dankor Brimob yang baru.

“Saya titipkan ke Dankor Brimob Polri, saya percaya dari pengalaman Brimob dan pengalaman di wilayah, Irjen Anang Revandoko mampu bawa Brimob ke depan lebih baik. Terima kasih dan saya pribadi mohon maaf ke masyarakat, senior. sesepuh dan anggota Brimob di seluruh Indonesia ketika saya pimpin ada hal yang belum sempurna, yakinlah akan dilengkapi Dankor Brimob,” ungkapnya.

Dalam amanatnya Dankor Brimob Polri Irjen Pol. Drs.  Anang Revandoko menyampaikan rasa bangganya karena telah mendapatkan kepercayaan untuk memimpin seluruh prajurit Korps Brimob Polri.

“Pagi ini saya merasa bangga dan terhormat telah terima pataka Korps Brimob Polri, ini amanat dan kehormatan yang diberikan kepada saya untuk memimpin seluruh prajurit Korps Brimob Polri, yang setia, tabah, berani, dan tidak ragu sebagai perekat bangsa yang Bhineka Tunggal Ika,” jelasnya.

Dankor Brimob juga mengungkapkan bahwa pengabdian yang paling membahagiakan dalam hidup ini ialah apabila dapat berbuat sesuatu bagi bangsa dan negara, yang menurut orang lain tidak mungkin mampu dilakukan. Ia juga berpesan agar seluruh personel Korps Brimob selalu menjaga Pacasila dan UUD 1945.

“Sebagai Brimob sejati saya ajak seluruh prajurit, selalu menjaga Pancasila, UUD 1945 sebagai dasar negara Republik Indonesia serta saya mengajak seluruh prajurit Brimob sejati untuk tanamkan rasa cinta dan bangga ke Satuan Brimob Polri ini, percayalah kesatuan ini akan kembali mencintai dan memberi kebanggaan,” pungkasnya.

Setelah rangkaian upacara serah terima Pataka selesai, kegiatan lalu dilanjutkan dengan pembacaan “Ikrar Brimob Untuk Indonesia” yang dipimpin langsung oleh Komandan Korps Brimob Polri Irjen Pol. Drs Anang Revandoko dan diikuti seluruh Komandan Pasukan, Kabag, Danmen, Dansat dan personel jajaran Korbrimob Polri. 

Kami Brimob Sejati, berjanji:

  1. Satya Haprabu Setia kepada negara dan pimpinannya
  2. Hanyaken Musuh Mengenyahkan musuh-musuh negara dan masyarakat
  3. Gineung Pratidina Senantiasa mengagungkan negara
  4. Tansatrisna Tidak terikat trisna pada sesuatu.

Ikrar Brimob Nusantara ini berlaku untuk seluruh personel Brimob yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia karena Brimob Polri merupakan cerminan miniatur Indonesia. Meskipun berbeda suku, agama, ras dan budaya tetapi kemajemukan itu dapat mempersatukan Brimob Polri dalam ikatan Bhineka Tunggal Ika.

Related posts